Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik

Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Teori Listrik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik. Selamat membaca!

Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik

Pada biasanya setiap motor listrik mempunyai spesifikasi yang bermacam-macam. Misalnya saja kecepatan putaran motor listrik atau lazimdisebut Rpm. Sebelum membicarakan perihal Pole atau kutub pada motor listrik, saya akan membicarakan sedikit wacana Rpm.

Rpm atau kepanjangan dari Rotation Per Minute ialah jumlah kecepatan putaran motor listrik tiap satu menit. Semakin besar jumlah rpm pada motor listrik maka akan semakin tinggi kecepatan putarannya, begitu juga sebaliknya. Misalnya saja seperti dinamo atau motor listrik pada pompa air kecepatan putarannya lebih tinggi dari motor listrik pada kipas angin sebab pompa air memiliki rpm sebesar 3000, sedangkan kipas angin hanya memiliki rpm sebesar 1500.

Pada lazimnya Rpm pada motor listrik sangatlah bermacam-macam, hal ini alasannya adanya pembiasaan pada peralatan listrik. Contohnya saja mirip kipas angin yang menggunakan rpm sebesar 1500, jumlah rpm sebesar ini sudah sesuai dengan keperluan hembusan angin yang diharapkan untuk menyegarkan tubuh kita.

Setelah mengetahui sedikit tentang Rpm, maka untuk mengenali pole (kutub) pada motor listrik akan menjadi lebih gampang. Pada motor listrik, yang cukup sering menjadi pertanyaan yakni, Apa yang dimaksud dengan Motor listrik 2-Poles, 4-Poles, 6-Poles, dan seterusnya. Dan apa perbedaan antara Motor 2-P, 4-P, 6-P tersebut?

Dalam istilah kelistrikan terutama pada motor listrik, ada istilah yang disebut dengan pole (kutub), kemudian apakah yang dimaksud dengan "pole" pada motor listrik ini?

Pole atau lazimjuga disebut dengan kutub ini adalah menyatakan banyaknya jumlah kutub yang terdapat pada kumparan suatu motor listrik. Seperti yang kita pahami bahwa motor listrik ialah sebuah alat yang mengganti energi listrik menjadi energi mekanik/gerak (putar), dengan cara kerjanya yang menggunakan prinsip kerja elektromagnetik.

Sebuah motor listrik bisa menciptakan energi elektromagnetik sebab terdapat kumparan kawat tembaga di dalamnya, jikalau kumparan ini dialiri arus listrik maka akan menciptakan tenaga magnet (elektromagnetik), dan berikutnya tenaga magnet yang dihasilkan inilah yang hendak menggerakan rotor (poros) sehingga menghasilkan tenaga mekanik/gerak (putar).

Kumparan kawat tembaga yang terdapat pada motor listrik ini, dibuat sedemikian rupa biar mampu membuat magnet yang disebut dengan kutub magnet, dan kutub magnet yang ada pada motor listrik mempunyai jumlah yang berlawanan-beda pada setiap kumparannya. Jumlah kutub magnet inilah yang memilih seberapa cepat rotor pada motor listrik itu berputar dalam satuan menit, dan ini yang umum disebut dengan Rpm (Rotation per minute) yang sudah diterangkan diatas.

Bagaimana mampu jumlah kutub (Pole) mampu memilih jumlah putaran atau rpm motor listrik?

Jumlah kutub adalah seberapa banyak kutub magnet yang ada pada satu putaran/bulat (360 derajat) pada masing-masing kumparan/lilitan. Semakin banyak jumlah kutub magnet (Pole), maka putaran motor listrik akan semakin lambat, begitu juga sebaliknya makin sedikit jumlah kutub magnet (pole) maka putaran motor listrik akan semakin cepat.

Contohnya saja seperti motor listrik pada pompa air yang lebih cepat putarannya jika ketimbang motor listrik pada kipas angin, Hal ini sebab adanya perbedaan jumlah kutub magnet (pole) pada keduanya yaitu pada pompa air ada 2-P (pole) sedangkan untuk kipas angin 4-P (pole).
Motor listrik 2-P
Motor listrik 4-P
Sebenarnya kita juga bisa membedakan antara motor listrik 2-P dengan 4-P dengan cara mengkalkulasikan Rpmnya. Pernyataan ini, mampu dibuktikan dengan rumus menjumlah RPM dibawah ini:

RPM = (F x 120)/P

RPM : rotation per minute (jumlah putaran dalam satu menit)
F : frekuensi (Hz)
P : pole (jumlah kutub magnet)

Jika suatu motor listrik mempunyai 4 kutub magnet (pole), dan frekuensi sebesar 50Hz, Nilai frekuensi ini ialah rata-rata frekuensi di Indonesia.

Maka Rpm Motor listrik tersebut, adalah

RPM = (F x 120)/P
RPM = (50Hz x 120)/4
RPM = 6000/4
RPM = 1500

Kemudian, untuk motor listrik 2 kutub magnet (Pole), dan Frekuensi 50Hz, maka Rpm Motor listrik tersebut, yakni

RPM = (F x 120)/P
RPM = (50Hz x 120)/2
RPM = 6000/2
RPM = 3000

Kesimpulan

Motor listrik 2-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya ialah 3000
Motor Listrik 4-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya yaitu 1500
Motor listrik 6-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya yaitu 1000
Motor listrik 8-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya ialah 750
Motor listrik 10-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya ialah 600
Motor listrik 12-P, Frekuensi 50Hz, Maka Rpmnya yakni 500

Lalu bagaimana bila frekuensinya tidak meraih 50Hz, atau menggunakan Frekuensi 60Hz?

Semakin tinggi frekuensi, maka akan kian besar pula RPM, sebaliknya
semakin rendah frekuensi, maka RPM akan makin kecil.

Sekian dulu untuk artikel perihal memahami pole atau kutub pada motor listrik ini. biar berguna.


Penutup Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik

Sekian uraian artikel Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2019/04/service-ac-batam-memahami-pole-kutub.html

Artikel Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik ini kami arsipkan pada kategori Teori Listrik. Silahkan anda klik link ini Teori Listrik untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment for "Service AC Batam Memahami Pole (Kutub) Pada Motor Listrik"