Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control

Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control , kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Amplifier, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control . Selamat membaca!

Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control

Rangkaian amplifier atau sering disingkat ampli saja adalah sirkuit elektronika yang digunakan untuk menguatkan input sinyal suara agar dapat didengar melalui Speaker.Input suara bisa berasal dari Micropone, antenna radio maupun file digital dari MP3 player Handphone maupun komputer. 

Rangkaian power amplifier dapat dibangun dari komponen Transistor maupun Integrated Circuit (IC). Transistor biasanya digunakan untuk power amplifier yang berdaya sedang sampai berdaya besar. Sedangkan IC digunakan untuk rangkaian power amplifier daya kecil hingga daya sedang.

Amplifier KIT

Salah satu IC Amplifier yang paling lazim digunakan adalah IC tipe TDA. Ada beberapa jenis yang sering digunakan seperti TDA 2003, TDA 2030, TDA 2040 dan TDA 2050. IC jenis ini terkenal sangat bandel, praktis dan mudah ditemukan. Jika kita membongkar rangkaian Sound Speaker kemungkinan akan menemukan salah satu jenis IC tersebut.

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang Skema Rangkaian Power Amplifier Menggunakan TDA 2050. Pada artikel ini akan dijelaskan rangkaian power amplifier TDA 2050 yang menggunakan tone control sederhana.

TDA 2050 Package

Apa itu Tone Control ?

Tone control atau lazimnya disebut mengatur nada adalah sirkuit elektronika yang berfungsi untuk mengatur gelombang nada pada input audio. Tone control terdiri dari dua macam, yaitu tone control pasif dan aktif. Yang akan digunakan pada skema dibawah ini adalah tone control Pasif. 

Nada yang bisa diatur pada rangkaian tone control dibawah ini ada 3 diantaranya:

  • Volume, yaitu mengatur besar kecilnya  amplitudo dari sinyal input keseluruhan.
  • Bass, yaitu mengatur nada rendah dari audio pada rentang frekuensi antara  20Hz hingga 500Hz.
  • Treble, yaitu mengatur nada tinggi dari audio pada rentang frekuensi diatas 10KHz hingga 20KHz.

Penjelasan lebih lanjut mengenai tone control pasif dan aktif beserta skemanya dapat dibaca pada artikel Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Aktif Sederhana.

Skema Rangkaian 

Skema rangkaian amplifier TDA 2050 dengan tone control bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Skema rangkaian amplifier TDA 2050 watt tone control sederhana
Skema rangkaian

Tips dalam membuat rangkaian 

  1. Gunakanlah Heatsink pada IC agar dapat mereduksi panas yang dihasilkan
  2. Sebaiknya gunakan potensiometer merk A-Plus yang dikenal awet dan tahan lama.
  3. Sebaiknnya gunakan PCB dengan lebar jalur yang besar dan dimensi yang kecil untuk menghindari noise.




Penutup Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control

Sekian uraian artikel Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2020/10/skema-rangkaian-power-amplifier-tda_25.html

Artikel Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control ini kami arsipkan pada kategori Amplifier. Silahkan anda klik link ini Amplifier untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment for " Skema Rangkaian Power Amplifier TDA 2050 Watt Dengan Tone Control "