Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana

Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Power Supply, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana. Selamat membaca!

Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana

Power Supply adalah rangkaian yang berfungsi menyuplai arus yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik. 

Arus listrik bisa berasal dari Baterai, pembangkit daya portable maupun dari Jala-jala PLN. Biasanya Power Supply memberikan output tegangan DC yang konstan.

Power supply sering disebut oleh teknisi elektronik sebagai Adaptor. Dalam bahasa Indonesia Power Supply disebut sebagai Catu daya.

Power supply kit
Pada dasarnya Catu daya terdiri dari 2 tipe yaitu Konvensional dan Switching. Catu daya konvensional menkonversi tegangan input melalui rangkaian Step down Transformator sehingga menghasilkan level tegangan yang lebih rendah. 

Sementara Catu daya Switching menggunakan kombinasi IC digital sebagai pemutus-sambung (switching) dalam range frekuensi tinggi.

Salah satu Power Supply yang paling sering digunakan adalah yang mempunyai tegangan Output 12 Volt DC. 

Tegangan 12V banyak dipakai karena sangat Ideal untuk menjalankan piranti elektronis seperti LED, Motor DC dan Relay. 

Selain itu tegangan 12V juga bisa dikonversi ke tegangan yang lebih kecil yaitu 9V dan 5V menggunakan Voltage Converter.

7812 Package 

IC yang dipakai pada rangkaian ini adalah Regulator 7812. Angka 12 menandakan bahwa IC ini memiliki Output 12 Volt stabil. Stabil artinya walaupun tegangan inputnya berubah-ubah namun outputnya tetap stabil tak berubah 12V, selama tegangan input lebih besar dari 12V (Biasanya 14-20V).

Skema Rangkaian
Dibawah ini adalah tiga jenis skema rangkaian power supply regulator dengan output stabil 12V dan arus maksimal 1 A sederhana:

1.Rangkaian Power Supply 12V 1A Trafo Biasa/Engkel

2.Rangkaian Power Supply 12V 1A Trafo CT 

3.Rangkaian Power Supply 12V 1A Simetris

Cara kerja rangkaian
  1. Tegangan AC 220V akan diturunkan menggunakan Transformator menjadi sekitar 15V AC. Output yang dihasilkan masih AC sinusoidal.
  2. Tegangan 15V AC sinusoidal kemudian disearahkan kembali menggunakan dioda dengan prinsip Penyearah Jembatan. Hasil output adalah gelombang DC dengan Riak (Ripple) yang besar.
  3. Gelombang ripple ini akan dihaluskan oleh Kapasitor Elco 2200uF dan 100nF sehingga outputnya adalah Tegangan DC murni namun tidak stabil.
  4. Tegangan DC ini lalu di stabilkan oleh IC 7812 yang diparallel dengan sebuah kapasitor 100uF untukmenghindari lonjakan tegangan yang berasal dari output yang disambungkan.
  5. Dioda pada kaki 2 IC berfungsi untuk menambah tegangan output sebesar 0,6V. Dioda ini bersifat opsional, bisa dipakai bisa dilepas.


Penutup Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana

Sekian uraian artikel Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2020/06/skema-rangkaian-power-supply-regulator_17.html

Artikel Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana ini kami arsipkan pada kategori Power Supply. Silahkan anda klik link ini Power Supply untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment for "Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 1A CT dan Simetris Sederhana"