Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control

Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control , kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Amplifier, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control . Selamat membaca!

Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control

Rangkaian amplifier atau sering disingkat ampli saja adalah sirkuit elektronika yang digunakan untuk menguatkan input sinyal suara agar dapat didengar melalui Speaker.Input suara bisa berasal dari Micropone, gelombang radio maupun file digital yang dikonversi menjadi sinyal analog. 

TDA 2030 KIT
Rangkaian power amplifier dapat dibangun dari komponen Transistor maupun Integrated Circuit (IC). Transistor biasanya digunakan untuk power amplifier yang berdaya sedang sampai berdaya besar. Sedangkan IC digunakan untuk rangkaian power amplifier daya kecil hingga daya sedang.

Salah satu IC Amplifier yang paling lazim digunakan adalah IC tipe TDA. Ada beberapa jenis yang sering digunakan seperti TDA 2003, TDA 2030, TDA 2040 dan TDA 2050. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang skema rangkaian power amplifier menggunakan IC TDA 2030. Namun skema tersebut nada yang diatur hanya besaran Volumenya saja.

TDA 2030 Package

Pada skema dibawah ini, selain volume nada yang diatur adalah bass dan treble. Bedanya adalah :

  • Volume, mengatur besar kecilnya  amplitudo dari sinyal input keseluruhan.
  • Bass,  mengatur nada rendah dari audio pada rentang frekuensi antara  20Hz hingga 500Hz.
  • Treble, mengatur nada tinggi dari audio pada rentang frekuensi diatas 10KHz hingga 20KHz.

Penjelasan lengkap dari tone control beserta skema dapat dibuka pada artikel Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Aktif Sederhana

Skema Rangkaian

Skema rangkaian Power Amplifier 2030 menggunakan tone conrol dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Skema rangkaian amplifier TDA 2030 watt dengan tone control sederhana
Skematik rangkaian

IC TDA 2030 adalah IC penguat kelas AB yang handal dan banyak digunkan pada amplifier daya rendah. Daya output yang dapat dihasilkan adalah sekitar 20 watt, sehingga digunakan pada mobil atau kendaraan yang menggunakan baterai dengan tegangan 12V konstan. 

Selain itu rangkaian ini menggunakan sistem Single supply. Artinya bisa langsung diterapkan menggunakan tegangan positif dan negatif tanpa harus ditambahkan modul boost converter.



Penutup Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control

Sekian uraian artikel Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2020/10/skema-rangkaian-power-amplifer-tda-2030.html

Artikel Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control ini kami arsipkan pada kategori Amplifier. Silahkan anda klik link ini Amplifier untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment for " Skema Rangkaian Power Amplifer TDA 2030 Watt Dengan Tone Control "