Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar

Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Elektronika, Artikel Robot, Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar. Selamat membaca!

Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar

Robot line Follower analog adalah robot sederhana yang diperuntukkan bagi tingkat pemula. Robot ini banyak dibuat oleh siswa maupun mahasiswa yang baru mengenal robot. Tutorial cara membuat robot ini sederhana , namun rangkaian didalamnya telah mewakili setiap bagian dan fungsi dasar dari sebuah robot. Selain itu Komponen yang diperlukan sangat mudah ditemukan di toko elektronik terdekat.

Tutorial robot line follower analog
Robot line follower analog 
Pada kesempatan ini kita akan membuat sebuah robot line follower analog. Skema rangkaian robot dapat dengan mudah ditemukan di internet. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai  skema dan Cara kerja robot dapat dilihat pada artikel dibawah ini :

Skema dan penjelasan prinsip kerja rangkaian Robot Line Follower 


Skema rangkaian
Robot line follower ini menggunakan 4 buah sensor dan IC LM324 sebagai kontrolernya serta menggunkanan Relay sebagai driver motor DC nya.

baca juga : Prinsip kerja Sensor cahaya dan garis Photodioda


Skema rangkaian

Daftar komponen yang digunakan

Komponen yang digunakan bersifat general dan mudah didapat. Daftarnya dapat dilihat pada tabel berikut:

daftar komponenl robot line follower analog

Desain PCB dan tata letak. 

Untuk desain Printed Circuit Board (PCB) dan tata letak dapat dibuat sesuai keinginan dan menggunakan aplikasi pembuat PCB seperti EAGLE, Diptrace,  dan Altium. Sobat bisa mendownload desain EAGLE Layout dan tata letak disini. Pastikan sobat menggunakan aplikasi EAGLE 6.0.

layout dan tata letak robot line follower analog


Desain  Mekanik

Desain mekanik dapat dibuat dari berbagai bahan sesuai keinginan. Rangkaian robot line follower ini telah teruji dan dibuat secara massal. Jadi jangan ragu untuk mencoba.

tutorial cara membuat robot line follower analog
Tampak dari atas

tutorial cara membuat robot line follower analog
Tampak sensor
tutorial cara membuat robot line follower analog
Tata letak komponen


Penutup Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar

Sekian uraian artikel Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2019/11/rancang-bangun-robot-line-follower.html

Artikel Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar ini kami arsipkan pada kategori Elektronika Robot Teknologi. Silahkan anda klik link ini Elektronika Robot Teknologi untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment for "Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar"