√ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total
√ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 |
Mati total - Selamat berjumpa kembali Pembaca Teknisi Service AC Batam, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 |
Mati total, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori
Artikel ARTL,
Artikel Kipas Angin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing
Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total. Selamat membaca!
Bismillahirrohamirrohim
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah pembahasan yang agak panjang. Mengapa agak panjang, karena pada judulnya juga sudah dijelaskan bahwa pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin.
Udah panduan, lengkap, segalanya lagi...
Sekilas info : sebelumnya saya menulis panduan ini dalam 1 artikel, namun karena terlalu panjang dan hasilnya blog ane ini jadi lemot maka saya putuskan untuk membagi dua menjadi part 1 dan part 2
Untuk part 2 bisa dibaca : Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin part II
Jadi simpan halaman ini dulu sebelum sobat kehilangan panduan ini dan kesulitan lagi mencarinya.
Kipas angin adalah alat yang digunakan sebagai penghasil angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).
Kipas angin secara umum dibedakan menjadi kipas angin tradisional dan kipas angin tenaga listrik. Kipas angin tradisional biasanya menggunakan tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, kalau orang sunda mah nyebutna hihid...
Sementara kipas angin listrik tentunya menggunakan energi listrik sebagai energi penggerak dan menghasilkan hembusan pada kipas angin. Kipas angin semakin bervariasi baik dari fungsi, segi ukuran, dan penempatan posisi.
Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin. Misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memilki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting salah satunya Prosesor & Power Supply.
Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed). Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama.
Bila sobat tinggal didaerah atau hendak berencana pindah ke ibu kota jakarta, dan daerah industri cikarang-karawang yang sangat panas. Melupakan kipas angin adalah hal yang sangat berbahaya. Kebutuhan kipas angin diderah itu sangatlah pital.
Hampir setiap rumah memiliki kipas angin sebagai pendingin ruangannya.
Baca juga : Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
Adapun yang tidak memiliki kipas angin tentunya memiliki AC sebagai pedingin ruangan. Dan jika sobat merasa kebutuhan kipas angin sangat penting, tentu keahlian memperbaiki kipas angin secara manual dan mandiri sangatlah dibutuhkan.
Kenapa?
Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya siapkan alat-alat yang bisa meninjau dan membantu perbaikna antaranya :
list pertama dan kerusakan yang paling sering dialami oleh masyarakat pada umumnya adalah kerusakan mati total pada kipas angin, oleh karena itu mari mulai dengan list pertama :
totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun yang terjadi pada kipas angin meskipun tombol speed sudah ditekan atau diputar dan baling baling kipas bergerak lancar. Karena jika baling-baling kipas bergerak tidak lancar berarti kerusakannya adalah macet bukan mati total.
Sekali lagi,,,
...mati totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun pada kipas angin meskipun arus masuk. Jika kipas angin yang sobat perbaiki mengalami hal demikian, itu menunjukan kipas tersebut mati total.
Hal ini menunjukan bahwa kipas angin sobat memang benar-benar rusak dan silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pemeriksaan sambungan kabel
baca juga : cara terlengkap emmeperbaiki blender dijamin berfungsi kembali
Kemudian, jika sesudah dilakukan pemeriksaan dengan multitester/avometer, dan hasilnya adalah seperti ditunjukan oleh gambar tengah, itu menunjukan sebuah komponen berjalan baik karena tidak ada hubung singkat dan tidak ada bagian yang terputus
Catatan penting
Jika kipas angin yang sobat ukur mengalami kejadian seperti gambar tengah, itu menunjukan bahwa kipas dalam keadaan baik.
Maka ada dua kemungkinan yaitu kerusakan pada kapasitor dan kerusakan pada bos dan rotor kipas angin.
Lanjutkan
pada langkah tersebut Pada gambar paling kanan sobat lihat, jarum penunjuk arah pada layar bergerak penuh, menunjukan bahwa ada hubung singkat atau Kosleting yang mengakibatkan sebuah barang elektronika tidak berjalan normal bahkan MCB dirumah sobat akan trip
Baca juga 11 macam alat pengaman listrik atauCircuit Breaker dari berbagai kategori
Catatan...
Gambar paling kanan menunjukan hubung singkat bila pemeriksaan sesuai contoh diatas, namun bila pemeriksaan dilakukan antara kumparan awal dan kumparan akhir, itu menunjukan baik bukan hubung singkat.
Misalnya pada gambar dibawah ini
Gambar diatas adalah cara untuk memeriksa kabel listrik yang masih bagus atau sudah rusak. Silahkan ikuti petunjuk ini agar dapat memeriksa kabel listrik dengan benar
yaitu Pertama Putusnya sambungan ditengah kabel Atau Terjadi kesalahan pengkuran seperti ditunjukan gambar dibawah :
Maka solusinya adalah dengan memindahkan salah satu jarum terminal AVO meter pada bagian kabel lainnya misalnya seperti pada gambar dibawah :
Namun, bila hasilnya tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinannya seperti ditunjukan gambar dibawah ini
Ada salah satu sambungan yang mati dan harus di perbaiki
Bila pada kabel listrik kipas masih dalam keadaan baik yang ditandai dengan timbulnya kalibrasi pada kedua penghantar kabel tersebut, maka diteruskan pemeriksaan pada bagian komponen dalam kipas angin
Cek menggunakan Avo meter dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya di judul pemeriksaan sambungan kabel
Misalnya pada gambar dibawa ini :
Jika ada kabel yang tidak terhubung maka silahkan perbaiki. Namun, jika kabel dirasa masih bagus tanpa ada ganguan dalam pemeriksaan, ada dua kemungkinan paling besar yaitu kerusakan terjadi pada motor listrik (dinamo) atau pada kapasitor.
Untuk memeriksan, maka diharuskan membuka bagian dinamo pada mesin kipas angin dengan membuka ke-4 baud yang mengunci dinamo.
Lihat gambar :
Lihat kondisi dinamo, apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika ada, sobat harus melilit ulang dinamo kipas angin tersebut. Namun jika masih mulus, perhatikan apakah ada sebuah fuse kecil diantara kabel? Biasanya setiap kipas angin memiliki fuse tersebut.
Jika ada, perhatikan gambar :
Sambungkan salah satu bagian kapasitor pada bagian arus listrik langsung (bukan untuk saklar kecepatan). Biasanya warna coklat atau hitam.
Dan coba cek menggunakan avo meter dengan mengukur bagian steckernya. Seperti cara pengukuran pertama diatas.
Jika tidak berhasil coba pindahkan bagian sambungan kabel kapasitornya barang kali terbalik...
>> Itu cara pertama
...Untuk cara kedua coba perhatikan gambar :
Setelah melihat gambar tentu sobat tahukan maksudnya, menghubungkan kedua kabel yang sebelumnya terpisahkan oleh ruang dan waktu, maksudnya oleh fuse. Sehingga arus listrik bisa langsung masuk pada kumparan tanpa harus melalui fuse.
Catatan penting!
Sobat harus hati-hati membuka bagian fusenya Biasanya, , , ,
bagian fuse terdapat di bagian dalam kumparan, sobat harus membuka bagian dalam tersebut dengan cara membuka tali yan mengikat kumparan, kemudian lepas perlahan-lahan.
Hati-hati karena bagian kumparan pada kipas sangat tipis dan mudah putus. Selanjutnya cek bagian kabel steker menggunakan Avometer, apakah berkalibarasi. Jika yah silhkan pasangkan kembali bagian-bagian kipas dan coba hidupkan dengan arus listrik.
Mungkin sobat bertanya...
apakah tidak apa menghubungkan dinamo langsung dengan listrik tanpa melalui Fuse. Jawabannya APA-APA. Jika sobat melepas menghilangkan fuse pada kipas angin, kemungkinan ketika kipas macet maka akan membuat kerusakan merambat ke bagian dinamo yang memanas dan terbakar.
Jadi lebih baik silahkan ganti Fusenya Jika ada...
Namun jika tidak ada Fuse kipas angin tersebut, maka tidak ada cara lain selain memutus bagian fuse tersebut untuk memfungsikan kipas secara normal.
solusinya...
rajin-rajin merawat kipas, terutama di bagian poros kipas agar tidak mudah macet. Jikapun terjadi macet, segera perbaiki agar kerusakan tidak merambat ke bagian mesin kipas angin.
Demikian artikel kali ini, semoga penduan lengkap memperbaiki segala kerusakan pada kipas angin listrik. Dari mulai yang mati total, macet, dan tidak bolak balik. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat sehingga membantu proses refarasi yang sobat lakukan
silahkan share artikel ini... untuk mendukung saya membuta konten yang lebih menarik lainnya
Baru saja anda membaca artikel √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2019/01/panduan-lengkap-memperbaiki-segala.html
Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca Teknisi Service AC Batam, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total. Selamat membaca!
√ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total
Cara memperbaiki kipas angin mati totalBismillahirrohamirrohim
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah pembahasan yang agak panjang. Mengapa agak panjang, karena pada judulnya juga sudah dijelaskan bahwa pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin.
Udah panduan, lengkap, segalanya lagi...
Sekilas info : sebelumnya saya menulis panduan ini dalam 1 artikel, namun karena terlalu panjang dan hasilnya blog ane ini jadi lemot maka saya putuskan untuk membagi dua menjadi part 1 dan part 2
Untuk part 2 bisa dibaca : Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin part II
Jadi simpan halaman ini dulu sebelum sobat kehilangan panduan ini dan kesulitan lagi mencarinya.
Kita mulai dari definisi Kipas angin
Kipas angin adalah alat yang digunakan sebagai penghasil angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).
Kipas angin secara umum dibedakan menjadi kipas angin tradisional dan kipas angin tenaga listrik. Kipas angin tradisional biasanya menggunakan tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, kalau orang sunda mah nyebutna hihid...
Sementara kipas angin listrik tentunya menggunakan energi listrik sebagai energi penggerak dan menghasilkan hembusan pada kipas angin. Kipas angin semakin bervariasi baik dari fungsi, segi ukuran, dan penempatan posisi.
Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin. Misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memilki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting salah satunya Prosesor & Power Supply.
Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed). Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama.
Bila sobat tinggal didaerah atau hendak berencana pindah ke ibu kota jakarta, dan daerah industri cikarang-karawang yang sangat panas. Melupakan kipas angin adalah hal yang sangat berbahaya. Kebutuhan kipas angin diderah itu sangatlah pital.
Hampir setiap rumah memiliki kipas angin sebagai pendingin ruangannya.
Baca juga : Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
Adapun yang tidak memiliki kipas angin tentunya memiliki AC sebagai pedingin ruangan. Dan jika sobat merasa kebutuhan kipas angin sangat penting, tentu keahlian memperbaiki kipas angin secara manual dan mandiri sangatlah dibutuhkan.
Kenapa?
- Karena untuk memperbaiki kipas angin sangatlah mudah, cepat pula
- Keruskan seperti apa saja yang sering dialami oleh kipas angin?
Kipas angin biasanya mengalami gangguan seperti :
- Mati total, alias benar-benar tidak ada reaksi apapun setelah dihidupkan
- Macet, ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan
- Tidak bisa bolak belok, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap
- Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga
- Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan
- Dan lain-lain
Biasanya kerusakan-kerusakan pada kipas angin diakibatkan oleh :
- Ada sambungan kabel yang putus
- Kerusakan pada kapasitor
- Kerusakan pada motor listrik (dinamo)
- Kerusakan pada bos dan rotor
- Gigi gear box yang sudah aus
- Saklar tekan yang berkarat
Alat dan Bahan untuk memperbaiki Kipas angin
Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya siapkan alat-alat yang bisa meninjau dan membantu perbaikna antaranya :
- AVO meter,
Jika sobat tidak tahu cara menggunakannya bisa membaca artikel ini : AVO meter, cara mengukur dan menghitung hasil pengukuranarus, tegangan, tahanan dengan akurat
- Obeng min dan plus tentunya untuk membuka dan memasang kembali bagian-bagian kipas angin
- Tang pemotong untuk memotong kabel Isolasi untuk menutupi kabel yang sudah dibongkar
- Isolasi untuk menutup bagian kabel yang sudah kita kupas
- Tang kombinasi untuk alat bantu lain
- lain-lain bisa di kondisikan sesuai kebutuhan
list pertama dan kerusakan yang paling sering dialami oleh masyarakat pada umumnya adalah kerusakan mati total pada kipas angin, oleh karena itu mari mulai dengan list pertama :
A. Memperbaiki kipas angin yang mati total
totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun yang terjadi pada kipas angin meskipun tombol speed sudah ditekan atau diputar dan baling baling kipas bergerak lancar. Karena jika baling-baling kipas bergerak tidak lancar berarti kerusakannya adalah macet bukan mati total.
Sekali lagi,,,
...mati totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun pada kipas angin meskipun arus masuk. Jika kipas angin yang sobat perbaiki mengalami hal demikian, itu menunjukan kipas tersebut mati total.
Pertama, cek kabel kipas angin menggunakan AVO meter.
Avo meter adalah singkatan dari Ampere, volt, Ohm meter. Yang kita gunakan adalah pengukuran Ohm (tahanan). Fungsinya adalah untuk menunjukan kondisi sambungan setiap penghantar misalnya kabel, kumparan, saklar dan lain-lain.- Maka arahkan selektor switch pada avo meter pada pengukuran ohm dengan skala X1 x10 atau X100.
- Lakukan kalibrasi dengan menghubungakan kedua jarum pengukuran – dan +, kemudian lihat pada layar Avo meter, apakah terjadi kalibrasi jarum penunjuk angka, jika yah berarti Avo meter yang sobat gunakan masih dalam kondisi baik dan bisa digunakan untuk pengukuran
- Jika saklar speed pada kipas angin sobat dalam keadaan baik, silahkan tekan salah satu tombol speed misalnya 1. Kemudian hubungkan jarum avo meter pada kedua stecker atau socket kipas angin tersebut.
- Lihat gambar :
Perlu dingat sekali lagi pemeriksaan ini dilakukan dengan selektor switch pada AVO meter / multitester ada dalam keadaan ohm meter, karena jika bukan pada Ohm X1 dan x lainnya maka dipastikan AVO meter tidak akan bekerja kecuali AVO meter yang sudah di ModifikasiGambar paling kiri sobat menunjukan sebelum dilakukannya penghubungan dan bila sudah dilakukan pemeriksaan avometer masih sama seperti sebelumnya (jarum tidak bergerak sama sekali) tanpa ada reaksi, itu menunjukan ada bagian sambungan yang terputus baik itu pada kabel ataupun bagian komponen didalamnya;
Hal ini menunjukan bahwa kipas angin sobat memang benar-benar rusak dan silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pemeriksaan sambungan kabel
baca juga : cara terlengkap emmeperbaiki blender dijamin berfungsi kembali
Kemudian, jika sesudah dilakukan pemeriksaan dengan multitester/avometer, dan hasilnya adalah seperti ditunjukan oleh gambar tengah, itu menunjukan sebuah komponen berjalan baik karena tidak ada hubung singkat dan tidak ada bagian yang terputus
Catatan penting
Kalibarasi sedikit seperti ditunjukan pada gambar tengah dapat terjadi bila AVOmeter yang sobat gunakan masih bagus (belum rusak). Namun bila AVOmeter yang sobat gunakan sudah tidak Normal, kalibrasi tersebut hanyalah arus induksi atau hal tidak normal lainBaik kembali pada pembahasan
Jika kipas angin yang sobat ukur mengalami kejadian seperti gambar tengah, itu menunjukan bahwa kipas dalam keadaan baik.
Maka ada dua kemungkinan yaitu kerusakan pada kapasitor dan kerusakan pada bos dan rotor kipas angin.
Lanjutkan
pada langkah tersebut Pada gambar paling kanan sobat lihat, jarum penunjuk arah pada layar bergerak penuh, menunjukan bahwa ada hubung singkat atau Kosleting yang mengakibatkan sebuah barang elektronika tidak berjalan normal bahkan MCB dirumah sobat akan trip
Baca juga 11 macam alat pengaman listrik atauCircuit Breaker dari berbagai kategori
Catatan...
Gambar paling kanan menunjukan hubung singkat bila pemeriksaan sesuai contoh diatas, namun bila pemeriksaan dilakukan antara kumparan awal dan kumparan akhir, itu menunjukan baik bukan hubung singkat.
Gambar diatas adalah cara untuk memeriksa kabel listrik yang masih bagus atau sudah rusak. Silahkan ikuti petunjuk ini agar dapat memeriksa kabel listrik dengan benar
Pemeriksaan kabel listrik Kipas angin
- seperti biasa, Avo meter sobat harus dalam mode Ohm meter (mode pengukuran tahanan).
- buka bagian body belakang pada skipas angin sehingga dapat terliohat sambungan kabel luar menuju sakjlar dan menuju bagian mesin kipas angin
- sambungkan salah satu jarum terminal AVO meter sobat pada salah satu penghantar steker dan jarum yang lainnya ke bagian ujung kabel yang terdapat pada koper body belakang kipas angin yang tadi telah sobat buka (agar lebih jelas, silahkan lihat gambar yang sebelumnya)
- lihat hasil pengukuran pada layar Avometer, bila terdapat sambungan pada kabel akan ditandai dengan bergeraknya jarum penunjuk angka pada Avo meter Analog dan terlihatnya angka pada Avo meter digital
- Namun bila tidak terlihat hasil pada layar avo meter, dengan kata lain tidak ada kalibrasi,
yaitu Pertama Putusnya sambungan ditengah kabel Atau Terjadi kesalahan pengkuran seperti ditunjukan gambar dibawah :
Maka solusinya adalah dengan memindahkan salah satu jarum terminal AVO meter pada bagian kabel lainnya misalnya seperti pada gambar dibawah :
Namun, bila hasilnya tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinannya seperti ditunjukan gambar dibawah ini
Ada salah satu sambungan yang mati dan harus di perbaiki
Untuk memperbaiki kabel kipas angin atau kabel lainnya bisa baca di artikel ini : Memperbaiki kabel! Ketahuilah letak kabel yang putus dengan tips sederhana ini
Bila pada kabel listrik kipas masih dalam keadaan baik yang ditandai dengan timbulnya kalibrasi pada kedua penghantar kabel tersebut, maka diteruskan pemeriksaan pada bagian komponen dalam kipas angin
Cek menggunakan Avo meter dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya di judul pemeriksaan sambungan kabel
Misalnya pada gambar dibawa ini :
Jika ada kabel yang tidak terhubung maka silahkan perbaiki. Namun, jika kabel dirasa masih bagus tanpa ada ganguan dalam pemeriksaan, ada dua kemungkinan paling besar yaitu kerusakan terjadi pada motor listrik (dinamo) atau pada kapasitor.
Coba dengan Mengganti kapasitor Kipas angin sebagai cara mudah
- Silahkan sobat cek kapasitor dengan membaca artikel ini : 3 cara cek kapasitor termudah sehingga terlihat baik atau sudah rusak.
- Jika sudah diketahui kerusakan pada kapasitor,
- maka silahkan ganti kapasitor dengan ukuran yang sama atau bisa lebih besar sedikit. Misalnya dari 1.2 ke 1.5 mikro.
- Jika masih tidak ada reaksi silahkan lanjutkan pemabasan ini
Pemeriksaan bagian dinamo motor listrik Kipas angin
Untuk memeriksan, maka diharuskan membuka bagian dinamo pada mesin kipas angin dengan membuka ke-4 baud yang mengunci dinamo.
Lihat gambar :
Lihat kondisi dinamo, apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika ada, sobat harus melilit ulang dinamo kipas angin tersebut. Namun jika masih mulus, perhatikan apakah ada sebuah fuse kecil diantara kabel? Biasanya setiap kipas angin memiliki fuse tersebut.
Jika ada, perhatikan gambar :
Sambungkan salah satu bagian kapasitor pada bagian arus listrik langsung (bukan untuk saklar kecepatan). Biasanya warna coklat atau hitam.
Dan coba cek menggunakan avo meter dengan mengukur bagian steckernya. Seperti cara pengukuran pertama diatas.
Jika tidak berhasil coba pindahkan bagian sambungan kabel kapasitornya barang kali terbalik...
>> Itu cara pertama
...Untuk cara kedua coba perhatikan gambar :
Setelah melihat gambar tentu sobat tahukan maksudnya, menghubungkan kedua kabel yang sebelumnya terpisahkan oleh ruang dan waktu, maksudnya oleh fuse. Sehingga arus listrik bisa langsung masuk pada kumparan tanpa harus melalui fuse.
Catatan penting!
Sobat harus hati-hati membuka bagian fusenya Biasanya, , , ,
bagian fuse terdapat di bagian dalam kumparan, sobat harus membuka bagian dalam tersebut dengan cara membuka tali yan mengikat kumparan, kemudian lepas perlahan-lahan.
Hati-hati karena bagian kumparan pada kipas sangat tipis dan mudah putus. Selanjutnya cek bagian kabel steker menggunakan Avometer, apakah berkalibarasi. Jika yah silhkan pasangkan kembali bagian-bagian kipas dan coba hidupkan dengan arus listrik.
Mungkin sobat bertanya...
apakah tidak apa menghubungkan dinamo langsung dengan listrik tanpa melalui Fuse. Jawabannya APA-APA. Jika sobat melepas menghilangkan fuse pada kipas angin, kemungkinan ketika kipas macet maka akan membuat kerusakan merambat ke bagian dinamo yang memanas dan terbakar.
Jadi lebih baik silahkan ganti Fusenya Jika ada...
Namun jika tidak ada Fuse kipas angin tersebut, maka tidak ada cara lain selain memutus bagian fuse tersebut untuk memfungsikan kipas secara normal.
solusinya...
rajin-rajin merawat kipas, terutama di bagian poros kipas agar tidak mudah macet. Jikapun terjadi macet, segera perbaiki agar kerusakan tidak merambat ke bagian mesin kipas angin.
Kesulitan memasang kipas angin kembali? Sobat Bisa membaca artikel ini : cara mudah memasang mesin dinamo kipas angin dengan benar agar berputar lancarMudah bukan
Memperbaiki Kipas angin Macet dan lainnya
Kerusakan kipas angin lain yang biasanya terjadi pada kipas angin adalah- Macet
- Tidak dapat bolak balik
- berputar pelan
- Tombol saklar rusak
- dan kerusakan lainnya
Pembahasan mengenai kipas angin macet, berpuar pelan, tidak bisa bolak balik dan kerusakan lainnya, bisa di lihat di : Cara memperbaiki kipas angin part IIuntuk pembahasan audio visual, silahkan lihat di channel kami ini :
Demikian artikel kali ini, semoga penduan lengkap memperbaiki segala kerusakan pada kipas angin listrik. Dari mulai yang mati total, macet, dan tidak bolak balik. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat sehingga membantu proses refarasi yang sobat lakukan
silahkan share artikel ini... untuk mendukung saya membuta konten yang lebih menarik lainnya
Penutup √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total
Sekian uraian artikel √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 |
Mati total kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Teknisi Service AC Batam. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 |
Mati total ini, kami memohon maaf.
Baru saja anda membaca artikel √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total dengan alamat link https://teknisiacbatam.blogspot.com/2019/01/panduan-lengkap-memperbaiki-segala.html
Artikel √ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total ini kami arsipkan pada kategori ARTL Kipas Angin. Silahkan anda klik link ini ARTL Kipas Angin untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.
Post a Comment for "√ Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 | Mati total"